Pengguna Internet di Indonesia Tembus Angka 55 Juta

Posted by on January 31, 2012 in Artikel, Blog | 0 comments

MarkPlus Insight mengeluarkan hasil risetnya di majalah marketers yang menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia menunjukan peninggkatan di tahun 2011  ini yaitu telah mencapai 55 juta dari 2010 yang sekitar 43 juta pengguna.

Hasil riset, yang mengambil sampling sebanyak 2161 pengguna Internet di Indonesia memberikan gambaran jelas mengenai tren penggunaan Internet di Indonesia.  Studi terhadap urban netizen di Indonesia ini dilakukan pada bulan Agustus – September 2011 di 11 kota besar antara lain Jakarta, Bodetabek,  Medan, Makassar, Denpasar, Pekanbaru, Palembang,Surabaya, Bandung, Semarang, dan Banjarmasin.

Sampling yang digunakan adalah pengguna Internet, usia 15-64 dari SES ABC dan mereka rata-rata menggunakan Internet lebih dari 3 jam sehari. Variable utama yang di angkat dalam riset kali ini adalah;  nilai-nilai, perilaku dan gaya hidup para pengguna Internet di Indonesia.

Angka pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia masih didominasi oleh anak muda dari kelompok umur 15-30 tahun. Di masing-masing kota yang disurvei oleh MarkPlus Insight, sekitar 50 persen hingga 80 persen dari pengguna Internet merupakan kaum muda.

Dari riset ini terkuak pula pertumbuhan jual/beli online sebesar 100 persen pada tahun 2011 dibanding tahun 2010. Seperempat pengguna Internet memiliki alat untuk melakukan e-payment. Di antara alat yang tersedia, SMS dan Internet banking menjadi yang paling populer. Internet banking didominasi oleh dua bank yaitu Bank Mandiri yang kuat di luar Jawa dan Bank BCA di pulau Jawa.

Tren meningkatnya penggunaan  Internet Banking  di Indonesia dapat pula dilihat dari  trafik pengunjung ke KlikBCA.com dan bankmandiri.co.id yang kini berada di peringkat 15 dan 28 website terpopuler di Indonesia menurut Alexa.com.

Riset Netizen 2011  oleh MarkPlus Insight ini juga  memberikan indikasi  bahwa  rata-rata pengguna Internet di Indonesia mengakses melalui smartphone dan notebook.

Dari sini juga terkuak bahwa mayoritas pengguna Internet aktif di Indonesia mengganti ponsel mereka dalam satu tahun belakangan, dengan alasan yang sifatnya emosional antara lain karena ingin mengikuti model terbaru, mengikuti tren sosial, atau bahkan sekedar menambah koleksi.

Penetrasi mobile Internet di Indonesia saat ini sebesar 57 persen. Dari segi jumlah populasi, data dari MarkPlus Insight mengatakan bahwa saat ini ada 29 juta mobile Internet user di Indonesia. Dengan maraknya gadget baru yang berkembang dan ditunjang pula oleh semakin terjangkaunya harga paket mobile Internet yang ditawarkan oleh operator seluler, angka ini meningkat sebesar hampir 100 persen dari tahun sebelumnya yaitu 16 juta orang.

Angka populasi pengguna mobile Internet di Indonesia menurut  riset  MarkPlus Insight  ini tidak menghitung berapa besaran  jumlah gadget yang aktif terhubung dengan Internet. Di riset ini juga terkuak bahwa rata-rata netizen di Indonesia punya gadget lebih dari satu yang terkonek dengan Internet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>