Bagaimana Pelaku Pemasaran Online Dapat Menikmati Gelombang Pasar Ekspor

Posted by on April 8, 2012 in Artikel, Bisnis Online, Blog | 0 comments

Jika anda ingin meningkatkan penjualan website pemasaran online anda. Lakukan kajian untuk menargetkan  Spanyol, Brazil, China, Russia, dan Mexico dimana peluang perdagangan online di negara tersebut saat ini sedang meningkat dengan pesat dan jauh diatas pertumbuhan bisnis online di US dalam 4 tahun kedepan sesuai dengan sebuah laporang yang dikeluarkan oleh cisco : “The Global E-Commerce Gold Rush: How Retailers Can Find Riches Overseas.”

Saat ini perdagangan online di US tidak lagi menjadi sebuah arena untuk memulai bisnis online sebagaimana sepuluh tahun terakhir ini. Pada awal tahun 2000 banyak pe bisnis online di US mengalami pertumbuhan sebesar 30% atau lebih dengan mudah, hal ini terjadi karena pada saat itu banyak keluarga di US yang dimanjakan dengan kemudahan jaringan internet cepat dirumahnya dan kemudana berbelanja online. Hari-hari itu sudah lewat sekarang, tetapi pertumbuhan pengguna internet di negara lain akan terus meningkat sehingga pertumbuhan bisnis online akan terus meningkat menurut laporan cisco tersebut.

Menaklukan pasar ekspor juga bukan merupakan hal yang mudah. Pemasar online / pebisnis onlineakan  menghadapi kendala bahasa dan budaya yang akan mempersulit upaya mereka. Bagaimana anda dapat mencegah untuk  membuang uang dan waktu anda dalam untuk mencoba menarik pasar luar negeri tersebut? berikut beberapa tipsnya :

Mulailah Perlahan; pilihlah satu pasar luar negeri yang ingin anda bidik. Konsentrasikan seluruh daya upaya anda disana. Anda akan belajar dari sebuah pengalaman melakukan ekspor dan aplikasikan hal tersebut ke negara lainnya.

Lakukan Penelitian; Apakah ada negara dimana produk anda sudah dipasarkan secara online? meskipun website anda belum dalam bahasa mereka. Carilah pasar luar negeri dimana produk anda sudah menunjukan potensi pasar yang menjanjikan.

Pengetahuan Lokal; Jika anda menargetkan Brazil misalnya untuk produk anda, anda harus memiliki pembeli dan agen pemasaran di negara tersebut. Pastikan produk dan pemasaran anda  menarik dan sesuai dengan pasar baru anda tersebut.

Pelajari Budaya; Sebagai contoh Jepang dan Korea. Konsumen disana akan lebih memilih toko website dari sebuah toko konvensional biasa ketimbang sebuah website murni para  pe-bisnis online. Pastikan anda mengetahui budaya setempat sehingga strategy bisnis anda dapat diaplikasikan dengan sesuai dan tepat.

Dapatkan Dukungan Teknologi; kebutuhan akan sangat beragam di berbagai negara merujuk pada budaya mereka. Diperlukan layanan yang berbeda yang di sesuaikan untuk melayani pasar yang berbeda. Sebagai contoh konsumen di Jepang akan cenderung memilih cash on delivery ketimbang pembayaran langsung di website anda. Konsumen di Jerman cenderung untuk menyukai Paypal. Pastikan anda memiliki metoda pembayaran yang paling sesuai.

Pelajari Merk Global; Jika anda memutuskan untuk memasuki pasar di baru di negara berbeda pastikan untuk melihat apa yang dilakukan oleh para pemain / merk global. Anda akan mendapatkan banyak ide disana dari sisi produk, kemasan dan pendekatan pemasarannya.

Indonesia sangat kaya dengan potensi produk dan layanan yang dapat dijual keluar negeri. Jika anda memiliki produk dan layanan yang anda fikir mampu untuk bersaing, segera wujudkanlan mimpi anda tersebut :) .

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>