Bagaimana Memulai Bisnis Online ?

Posted by on April 3, 2012 in Artikel, Bisnis Online, Blog | 0 comments

Sebelum anda memutuskan sejumlah budget dan memilih sebuah cara/teknologi untuk memulai bisnis online anda, ada empat pertanyaan penting yang harus anda jawab. Setelah ada merasa yakin dengan jawaban anda, anda dapat menggunakan jawaban anda untuk memilih jenis website yang anda butuhkan, solusi yang dapat menjawab kebutuhan akan fungsi-fungsi yang anda inginkan dan sejumlah budget yang anda anggarkan untuk mengembangkan, biaya hosting, perawatan dan pemasaran online.

1. Apa kebutuhan pelanggan anda?

Seringkali website dibuat berdasarkan kebutuhan dari pemilik bisnis online daripada kebutuhan pelanggannya. Lakukan sedikit riset dengan berbicara dengan pelanggan anda, apa yang diharapkan dari sebuah website dengan topik yang anda pilih yang dapat menjawab kebutuhan dan memecahkan masalah mereka. Kemudian, bangunlah website anda dengan memusatkan pada kebutuhan para pelanggan anda tersebut.

2. Apa alasan keuangan dibalik website anda?

Jika anda menjual produk atau layanan, anda mungkin membutuhkan sebuah website yang dapat menangani transaksi online dan pemenuhan transaksi secara online langsung dari web anda. Anda  juga harus  menimbang apakah  anda akan mendapatkan pendapatan melalui iklan, biaya berlangganan, atau penjualan off line. Kemudian anda harus menentukan berapa jumlah budget untuk iklan tersebut.  Apapun model pendapatan keuangan anda; pendapatan anda akan tergantung pada jumlah kualitas pengunjung yang anda inginkan yang anda upayakan dapat mengunjungi website anda tersebut.

3. Bagaimana anda akan mendapatkan pengunjung ke website anda dan dengan biaya berapa?

Anda membutuhkan pengunjung untuk mendapatkan uang dari sebuah website. Adalah sangat penting untuk menimbang berapa banyak pengunjung yang anda butuhkan untuk mencapai target penjualan anda dan kemudian menimbang berapa banyak biaya yang anda butuhkan untuk mendapatkan jumlah pengunjung tersebut, dan merubah pengunjung menjadi pelanggan, member atau melakukan klik di iklan yang anda pasang. Rata-rata website ecommerce merubah 2 persen hingga 5 persen dari jumlah pengunjung menjadi pelanggannya, dan mereka yang melakukan click pada iklan yang dipasang sebanyak .05persen. Gunakan angka ini dan riset anda sebagai dasar untuk menimbang berapa banyak pengunjung yang anda butuhkan dan berapa budget yang dibutuhkan untuk mengajak pengunjung mendatangi website anda.

4. Berapa banyak ketergantungan bisnis anda dengan website anda?

Sebuah website dapat memainkan beberapa peran dalam hal hubungan pelanggan. Sebagai contoh, sebuah website yang sama mungkin akan memiliki tujuan yang berbeda sebelum, selama, dan sesudah pelanggan mengambil keputusan pembelian. Sebuah website juga dapat melayani prospek, pelanggan, vendor, rekanan, dan karyawan dengan banyak variasinya. Sebelum anda membangun website anda, gambarkan titik-titik dimana website anda akan melayani setiap pemangku kepentingan disetiap interaksinya dalam bisnis online anda, timbanglah biaya pembuatannya dibandingkan fungsi onlinenya dibandingkan jika anda menggunakan teknologi lainnya.

 

Nah, anda sekarang sudah memiliki gambaran bukan? Pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 55 juta, apakah anda sudah siap untuk memasuki pemasaran online?

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>